Minggu, 24 Oktober 2010

Siasat Ruang Tamu Kecil Jadi Memikat

Memiliki rumah adalah idaman hampir setiap orang. Tapi apa daya, harga rumah dan tanah semakin melambung tinggi. Alhasil sekarang rumah-rumah yang dijual biasanya dalam ukuran yang kecil-kecil. Tipe 21, 36, dan 45 dengan luas tanah yang terbatas. Tapi tidak mengapa karena rumah kecil pun bisa disulap menjadi cantik dan nyaman untuk ditinggali. :)

Pada umumnya, rumah dengan tipe kecil memiliki ruang tamu yang menyatu dengan dengan ruang keluarga. Di satu sisi keadaan ini bisa kurang menguntungkan, karena kurang private atau timbul perasaan tidak bebas, namun jika kita bisa kreatif dan memilih perabot dengan benar, ruangan ini bisa digunakan secara optimal.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan :

1. Ruang tamu dan ruang keluarga tidak perlu dipisahkan.

Mengapa? Karena tidak setiap saat kita menerima tamu. Sehingga ruang tamu akan kurang termanfaatkan. Ruang yang tidak terpisahkan ini juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu, memberi ruang yang cukup luas, terutama untuk keluarga muda yang memiliki anak balita, dan menciptakan suasana lebih akrab dan kekeluargaan saat tamu berkunjung.

Saat tidak ada tamu, ruangan ini bisa menjadi ruang private untuk keluarga menonton TV atau sekadar bersantai.

2. Pilih perabot yang tidak berlebihan.

Hindari perabot yang terlalu besar. Pilihlah yang minimalis, sehingga tidak terlalu memenuhi ruangan tamu sekaligus keluarga tersebut. Kalaupun ada perabot yang besar, maksimal satu (1) buah saja. Misalnya sofa. Padankan dengan puff/otto/sofa kecil dan meja kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar